Berita Terkini :
Home » » Persiapkan Kedatangan SBY, Pemkot Booking 241 Kamar

Persiapkan Kedatangan SBY, Pemkot Booking 241 Kamar

Written By Tim Buldink on Jumat, 14 Februari 2014 | 23.55

Persiapkan Kedatangan SBY, Pemkot Booking 241 Kamar

PAREPARE – Lima hari  jelang kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hotel-hotel  di Kota Parepare mulai kewalahan menerima pesanan. Pemerintah Kota Parepare sendiri telah memesan 241 kamar hotel dari 640 kamar hotel yang tersedia di kota ini.

Ini untuk mengantisipasi kemungkinan Menteri Kabinet Indonesia bersatu II yang mengikuti lawatan Presiden SBY  ke Kota Parepare, juga membawa rombongan yang diperkirakan terdiri dari pejabat eselon I dan pimpinan BUMN di kementerian mereka.

Ketua Panitia penyambutan Presiden SBY, Mustafa Mappangara, menjelaskan, jumlah kamar hotel di Kota Parepare 640 kamar. Pemerintah kota kata dia, perlu mempersiapkan ketersediaan kamar hotel yang representatif yang jumlahnya disebutkan ada 241 kamar.

Seluruh kamar hotel tersebut, ujar Puang Ucu, panggilan akrab Mustafa Mappangara yang juga Plt. Sekda Kota Parepare telah dibooking pemerintah kota. Ini disampaikan Mustafa dalam rapat pemantapan persiapan kedatangan presiden SBY di rumah jabatan Wali Kota Parepare, Kamis, 13 Februari.

Rapat ini dihadiri Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, Danrem 142 Tatag, Ketua DPRD Kota Parepare dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah. Pertemuan in digelar dalam rangka evaluasi persiapan masing-masing seksi.

Mustafa mengungkapkan, hasil koordinasi  Kementerian Sekretariat Negara di Jakarta beberapa hari lalu, yang diperbolehkan menginap di rumah jabatan Wali Kota Parepare, tempat SBY bermalam, jumlahnya terbatas. “Ini artinya kemungkinan ada menteri dan rombongan yang menginap di luar (di hotel,red),” katanya.

Rencananya, Kamis, 14 Februari, tim advance dari protokol dan rumah tangga kepresidenan tiba di Kota Parepare. Tim ini sekaligus membawa mobil kendaraan  RI-1 yang akan melakukan tes darat  sepanjang rute yang akan dilewati Presiden SBY dan Ibu Negara.

Pemerintah Kota Parepare  terus mengejar seluruh proses pekerjaan renovasi seluruh bangunan kompleks Rumah Jabatan Wali Kota Parepare. Salah satunya, Aula Barugae yang direncanakan menjadi tempat pertemuan Presiden SBY dengan seluruh Muspida dan bupati walikota se Sulawesi Selatan.

Bangunan lain dalam tahapan perampungan renovasi adalah rumah adat yang rencana menjadi tempat pelaksanaan jamuan makam malam untuk seluruh rombongan presiden.

Tak hanya itu, pemerintah kota juga menyiapkan fasilitas teleconverence dan  ruangan kerja bagi Presiden SBY dan fasilitas kesehatan standar, seperti ICU dan tenaga  dokter specialis yang standby 1 x 24 jam selama presiden berada di Kota parepare.

Listik Padam, Barugae Tetap Menyala

Sementara itu, untuk mengantisipasi kemungkinan listrik padam, pihak PLN telah memberikan kesanggupan menyediakan suplay daya listrik maksimum untuk Kompleks Rujab Walikota Parepare.

Bahkan, seperti dilaporkan Ketua Seksi Perlengkapan, Zahrial Djafar, yang juga Kepala Bappeda Kota Parepare, pihak PLN telah menggaransi bahwa sekiranya seluruh Sulsel mengalami padam listrik, maka Barugae (Kompleks Rujab Wali Kota Parepare) akan tetap menyala.

PLN mulai Kamis, 13 Februari telah meningkatkan jumlah daya listrik untuk kompleks Barugae, dari 35 KVA menjadi 53 KVA. Sementara untuk suplay air bersih, pihak PDAM Parepare  telah menambah jumlah galon tempat penampungan air bersih Barugae.

Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, meminta seluruh panitia maksimal melakukan persiapan penyambutan Presiden SBY. Ini karena yang yang berkunjung ke Kota Parepare kata Taufan adalah presiden yang membawa simbol-simbol negara  yang wajib mendapat perlakuan istimewa.

Taufan mengungkapkan, hasil koordinasi dengan Kementerian Sekretariat Negara di Jakarta, Presiden SBY tiba di Kota Parepare sekitar pukul 18.40 Wita. Mengingat waktu tiba SBY malam hari, maka prosesi  penyambutan hanya dilakukan di Barugae.

Kendati begitu, pemerintah daerah tetap mempersilahkan masyarakat yang akan menyambut presiden SBY  berjejer di pinggir jalan, mulai dari pintu gerbang perbatasan Kota Parepare dengan Kabupaten Barru hingga Rujab wali Kota Parepare yang berjarak sekitar 8 kilo meter.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | APIP | inspektoratpare.blogspot.com
Copyright © 2014. Inspektorat Kota Parepare - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by APIP
Proudly powered by Salam Blogger