Berita Terkini :
Home » » Ribuan Masyarakat Bakal Sambut SBY

Ribuan Masyarakat Bakal Sambut SBY

Written By Tim Buldink on Sabtu, 15 Februari 2014 | 10.40

Ribuan Masyarakat Bakal Sambut SBY

PAREPARE –  Ribuan masyarakat Parepare bakal menyambut kedatangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ibu Negara, Ani Yudhoyono beserta rombongan, yang dijadwalkan tiba di Kota Parepare, Selasa, 18 Februari mendatang.

Saat ini Pemerintah Kota Parepare  terus melakukan berbagai persiapan, termasuk melakukan renovasi seluruh kompleks rumah jabatan Walikota Parepare. Rencananya, proses penyambutan akan dipusatkan di  pintu gerbang perbatasan Kota Parepare – Kabupaten Barru.

Selain itu, pemerintah daerah juga menyiapkan proses penyambutan di rumah jabatan Wali Kota Parepare, Jalan Lasimining Parepare.  Turut serta dalam rombongan nanti adalah sejumlah menteri koodinator kabinet Indonesia bersatu II.

Ketua Panitia penyambutan,  Mustafa Mappangara yang juga Plt. Sekda Parepare, menjelaskan,  pemerintah kota sengaja menyiapkan dua tempat penyambutan, untuk mengantisipasi kemungkinan presiden tiba di Kota Parepare pada malam hari, sehubungan padatnya kegiatan presiden di Kabupaten Pangkep.

Sesuai jadwal dari keprotokoleran istana, presiden dijadwalkan tiba di Parepare pukul 18.00 Wita. “Namun  kita juga perlu antisipasi kemungkinan presiden dan rombongan tiba setelah pukul 18.00 atau malam hari. Jika ini yang terjadi, penyambutan hanya dilakukan di rumaj jabatan,” katanya.

Ini disampaikan Mustafa, di sela-sela rapat panitia penyambutan presiden di Rumah Jabatan Wali Kota Parepare, Minggu, 9 Februari. Rapat ini dihadiri anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah,  pimpinan instansi vertikal, BUMN dan selurun pimpinan SKPD lingkup Pemkot Parepare.

Mustafa menjelaskan, masyarakat Parepare diharapkan berjejer di pingir jalan sepanjang rute yang dilalui presiden SBY yang diperkirakan kurang lebih 8 kilo meter. Rute tersebut adalah, pintu gerbang perbatasan kota, Jalan Bau Massepe hingga Lapangan Andi Makkasau, belok kanan Jalan Karang Buranne, Tugu Blue Band, masuk Jalan Ahmad Yani, Jalan Lasiming dan selanjutnya masuk Rujab Wali Kota Parepare.

Hal sama juga akan dilakukan pada saat pelepasan rombongan presiden esok hari menuju Kabupaten Sidrap dan Tanah Toraja.  “Presiden akan dilepas ribuan anak sekolah yang akan berbaris sepanjang jalan menuju perbatasan Parepare - Kabupaten Sidrap,” katanya.

Mustafa menjelaskan, setibanya di rumah jabatan rombongan presiden disambut Tari Paduppa oleh Anak Dara Kaloloe dan pengalungan sarung sutera. Selanjutnya, presiden dan ibu negara diantar menuju tempat peristirahatan.

Usai jamuan makam, acara dilanjutkan dengan pengarahan presiden kepada seluruh bupati wali kota se Sulsel. Kegiatan yang akan berlangsung  sekitar pukul 20.00 Wita tersebut, juga dijadwalkan dihadiri seluruh Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Muspida se Sulawesi Selatan, termasuk Muspida Provinsi Sulawesi Selatan.

Rencananya, pemerintah kota juga akan menggelar pameran sovernir dan kuliner khas Bugis.   Pameran ini kata Sekretaris Panitia, H. Anwar Saad yang juga Sekretaris DPRD Kota Parepare, akan berlangsung di halaman rumah jabatan yang diisi para pengerajin emas, perak dan kuliner khas Bugis.

Pada kesempatan ini, Anwar juga menjelaskan, persiapan lain yang dilakukan pemerintah kota terkait kedatangan presiden SBY. Salah satunya adalah ketersedian jaringan internet dan ketersediaan daya listrik dalam jumlah yang cukup.

Terkait ini, Pemerintah Kota Parepare telah mengundang secara khusus pimpinan PT Telkom Parepare dan PLN Cabang Parepare. Keduanya, menyatakan kesanggupan untuk menyediakan daya dukung internet dan listrik selama Presiden SBY di Kota Parepare
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | APIP | inspektoratpare.blogspot.com
Copyright © 2014. Inspektorat Kota Parepare - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by APIP
Proudly powered by Salam Blogger