Berita Terkini :
Home » » JADILAH ORANG YANG BERINTEGRITAS

JADILAH ORANG YANG BERINTEGRITAS

Written By Tim Buldink on Kamis, 16 November 2017 | 16.53

Integritas adalah sebuah nilai, sama seperti ketekunan, keberanian, dan keuletan. Bahkan lebih dari itu, ini adalah sebuah nilai yang menjamin semua nilai lain.
Seberapa baik anda sebagai seseorang, akan tergantung dari seberapa konsisten anda menjalani hidup menurut nilai-nilai tertinggi anda percayai. Integritas adalah kualitas yang melindungi nilai-nilai anda, dan menyebabkan anda untuk hidup konsisten dengan nilai-nilai tersebut.
Integritas adalah pondasi dari karakter. Dan pembentukan karakter adalah salah satu aktivitas terpenting yang bisa anda lakukan. Memperbaiki karakter berarti mendisiplinkan diri untuk semakin banyak melakukan hal-hal yang akan dilakukan oleh orang jujur, dalam semua kondisi.
Untuk menjadi sangat jujur terhadap orang lain, anda lebih dulu harus sangat jujur pada diri sendiri. Anda harus menjadi diri sendiri. Anda harus menjadi orang terbaik yang ada di dalam diri anda, menjadi yang terbaik yang anda tahu.
Hanya orang yang hidupnya konsisten dengan nilai-nilai dan keutamaan tertingginya, yang benar-benar hidup dalam integritas. Dan saat anda berkomitmen untuk hidup seperti ini, anda akan meningkatkan standard, memperbaiki defenisi anda mengenai integritas dan kejujuran secara terus menerus.

Seberapa Tinggi Integritas Anda?

Anda bisa tahu seberapa tinggi level integritas anda, dari melihat apa yang anda lakukan setiap hari. Anda bisa melihatnya dalam reaksi dan respon anda terhadap pasang surutnya gelombang kehidupan. Anda bisa mengamati tingkah laku yang biasa anda lakukan, dan dari situ anda akan tahu siapa diri anda.
Perwujudan dari integritas yang tinggi itu adalah kinerja yang berkualitas. Orang yang sangat jujur pada dirinya, akan bekerja, atau berusaha keras untuk melakukan pekerjaannya dengan sempurna, dalam situasi apapun.
Orang yang sangat jujur itu mengakui, terkadang secara tidak sadar, bahwa semua yang dia lakukan itu adalah sebuah pernyataan mengenai siapa dia yang sebenarnya sebagai seseorang.
Saat anda memulai sedikit lebih awal, bekerja sedikit lebih keras, dan tetap bekerja sedikit lebih lama, serta konsentrasi pada semua detil, berarti anda menerapkan integritas dalam pekerjaan anda.
Dan entah anda sadar atau tidak, level integritas anda yang sebenarnya itu terlihat sangat jelas oleh orang-orang disekitar anda.
Mungkin, aturan terpenting yang akan pernah anda pelajari itu adalah bahwa, kehidupan anda hanya bisa berubah jadi lebih baik, jika anda sudah berubah menjadi orang yang lebih baik.
Semua kehidupan itu dijalani dari dalam keluar. Pada bagian inti dari kepribadian anda, terdapat nilai-nilai anda mengenai diri dan kehidupan anda secara umum. Nilai-nilai anda menentukan jenis orang seperti apa anda sebenarnya.
Apa yang anda percayai telah menentukan karakter dan kepribadian anda. Apa yang anda perjuangkan, dan apa yang anda tinggalkan, itulah yang mengatakan pada anda dan dunia anda, mengenai jenis orang yang telah menjadi diri anda.
Tanyakan pada diri anda sendiri: Apa 5 nilai terpenting dalam hidup ku? Jawaban anda akan mengungkapkan banyak hal mengenai diri anda. Apa yang akan rela anda korbankan, rela anda tanggung, bahkan mati untuknya?
Apa yang akan anda perjuangkan, atau tidak akan pernah anda tinggalkan? Nilai-nilai apa yang paling anda pertahankan? Renungkan pertanyaan ini dengan seksama, dan, saat anda punya kesempatan, tuliskan jawaban anda.
Berikut ini cara lain untuk mengajukan pertanyaan tersebut. Siapa orang yang paling anda kagumi? Begitu anda sudah tahu jawabannya, pertanyaan berikutnya adalah: Mengapa anda mengaguminya?
Apa nilai-nilai, kualitas, atau keutamaan yang dimilikinya, hingga anda menghormati dan mengaguminya? Bisakah anda meniru kualitas tersebut? Kualitas apa yang paling anda hormati, yang umumnya dimiliki orang lain?
Itu adalah titik awal untuk menentukan nilai-nilai anda. Jawaban dari berbagai pertanyaan itu akan membentuk dasar dari karakter dan kepribadian anda.
Begitu anda sudah menentukan 5 nilai utama, anda harus menyusunnya menurut tingkat kepentingannya. Apa nilai terpenting anda yang pertama? Apa yang kedua? Yang ketiga? Dan seterusnya.
Merangking nilai anda adalah salah satu hal terbaik dan tercepat untuk membentuk karakter anda.
Ingat, nilai yang lebih tinggi akan selalu di dahulukan, dibanding nilai-nilai yang ada dibawahnya. Setiap kali anda terpaksa harus memilih antara satu nilai dengan nilai lainnya, maka anda akan selalu memilih nilai yang tertinggi dalam hirarki.
Siapa anda, di dalam hati, adalah dibuktikan dari apa yang anda lakukan setiap hari, terutama saat anda dipaksa untuk berada dalam posisi dimana anda harus memilih antara dua nilai atau alternatif.

Integritas adalah Kualitas Utama

Ralph Waldo Emerson mengatakan..
"Lindungi integritas anda layaknya benda keramat."
Dalam berbagai studi, kualitas integritas atau kesetiaan seseorang terhadap nilai-nilanya, dirangking sebagai kualitas nomor satu yang dicari dalam semua bidang.
Saat menentukan dengan siapa mereka akan berbisnis, konsumen merangking kejujuran seorang penjual sebagai satu kualitas yang paling penting.
Meski jika mereka merasa bahwa produk, kualitas, dan harga yang dijualnya itu unggul, tapi konsumen tidak akan membeli dari orang yang dianggapnya kurang jujur dan berkarakter.
Begitu juga dalam kepemimpinan, integritas adalah kualitas utama. Integritas dalam kepemimpinan itu diekspresikan dalam kemantapan dan konsistensi. Itu ditunjukkan dalam bentuk kesetiaan untuk menjaga kata-katanya.
Lem yang merekatkan semua hubungan, termasuk hubungan antara pemimpin dan bawahan, adalah kepercayaan, dan kepercayaan di dasarkan pada integritas.
Integritas itu begitu penting, hingga kita tidak mungkin bisa berfungsi dimasyarakat jika tidak memilikinya. Apa lagi yang bisa membuat traksaksi bisa terjadi selain level keyakinan yang tinggi bahwa harganya jujur dan kembaliannya benar.
Orang-orang dan perusahaan tersukses itu adalah yang reputasi integritasnya tinggi, dalam berurusan dengan semua orang. Level integritas ini membuat orang jadi lebih yakin, dan ingin lebih sering berbisnis dengan mereka, dibanding dengan pesaingnya yang etikanya mungkin sedikit goyah.
Earl Nightingale pernah menulis...
"Jika kejujuran tidak ada, itu harus ditemukan, karena itu adalah cara terpasti untuk mendapatkan kekayaan."
Sebuah studi di Harvard University menyimpulkan bahwa asset terbesar dari suatu perusahaan itu adalah, bagaimana dia dikenal oleh konsumennya, atau reputasinya.
Dengan cara yang sama, asset terbesar anda adalah cara anda dikenal oleh konsumen anda. Itu adalah reputasi anda untuk menjaga kata-kata dan memenuhi komitmen anda. Integritas anda lebih diutamakan dibanding diri anda, dan mempengaruhi semua interaksi anda dengan orang lain.

Cara Mengembangkan Integritas

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar bisa bergerak lebih cepat ke arah jenis orang yang anda tahu, anda mampu menjadi. Yang pertama, seperti yang sudah disinggung, adalah menentukan 5 nilai anda yang paling utama dalam hidup. Susun menurut prioritasnya.
Kemudian tuliskan paragraph singkat yang mendefenisikan makna dari masing-masing nilai tersebut bagi anda. Sebuah nilai yang dikombinasikan dengan defenisi, akan menjadi prinsip yang terorganisir (pernyataan yang bisa anda gunakan untuk membantu membuat keputusan yang lebih baik.)
Prinsip tersebut adalah sebuah ukuran dan standard yang membuat anda bisa mengetahui, sudah seberapa dekat anda dengan berbagai kepercayaan dan keyakinan anda yang terdalam.
Langkah kedua untuk mengembangkan integritas dan karakter di dalam diri anda adalah dengan cara mempelajari orang-orang yang berkarakter hebat. Pelajari berbagai kisah dan sejarah hidup dari orang-orang besar.
Pelajari orang-orang yang memiliki karakter kuat sehingga membuat mereka bisa mengubah dunianya. Saat anda membaca, pikirkan tentang tindakan yang akan mereka ambil jika mereka mengahadapi kesulitan seperti yang sedang anda alami.
Napoleon Hill, dalam bukunya, The Master Key to Riches, menceritakan tentang bagaimana dia menciptakan para penasehat pribadi imajiner, yang terdiri dari orang-orang besar dalam sejarah. Dia memilih orang-orang misalnya Napoleon, Lincoln, Jesus, dan Alexander the Great.
Setiap kali hendak mengambil suatu keputusan, dia akan menenangkan diri lalu membayangkan seolah-olah para anggota dari dewan penasehat pribadinya, sedang duduk di hadapannya, di depan sebuah meja yang besar.
Lalu dia akan bertanya pada mereka mengenai apa yang seharusnya dia lakukan, agar bisa menghadapi situasi dengan efektif. Saat itu pula, mereka akan memberikan jawaban, pengamatan, dan wawasan yang membantunya untuk melihat dengan lebih jelas dan efektif.
Anda bisa melakukan hal yang sama. Pilih seseorang yang sangat dikagumi karena kualitasnya, misalnya keberanian, kegigihan, kebijaksanaan atau kejujurannya. Lalu, tanyakan pada diri sendiri, "Apa yang akan dilakukannya jika berada diposisi ku?"
Langkah ketiga dan terpenting dalam membangun integritas adalah menyusun langkah menurut psychologi tingkah laku manusia. Kita tahu bahwa jika anda merasakan sesuatu, maka anda akan melakukan tindakan yang sesuai dengan perasaan itu.
Sebagai contoh, jika anda merasa bahagia, maka anda akan bertindak bahagia. Jika anda merasa marah, maka anda akan bertindak marah. Jika anda merasa berani, maka anda akan bertindak dengan gagah berani.
Tapi kita juga tahu bahwa anda tidak selalu bisa merasakan seperti yang anda inginkan. Namun, karena Hukum Kebalikan, jika anda bertindak seolah-olah anda merasakan sesuatu, maka aksi yang dihasilkan akan sesuai dengan perasaan itu.
Sehingga anda bisa, sebagai efeknya, bertindak menurut perasaan itu. Anda bisa "memalsukannya sampai anda benar-benar merasakannya."
Anda bisa menjadi manusia superior dengan cara bertindak seperti jenis orang yang ingin anda tiru. Jika anda bertindak seperti orang yang punya integritas, keberanian, ketegasan, dan karakter, maka pada akhirnya anda akan menciptakan di dalam diri anda, struktur mental dan kebiasaan dari orang tersebut.
Aksi-aksi anda kemudian menjadi realitas anda. Anda akan menciptakan sebuah kepribadian yang konsisten dengan aspirasi tertinggi anda.
Semakin sering anda berbicara, bertindak, dan bertingkah laku yang konsisten dengan nilai-nilai tertinggi anda, semakin suka anda pada, dan semakin baik perasaan anda terhadap, diri sendiri.
Citra diri dan level penerimaan diri anda akan meningkat. Anda akan merasa lebih kuat, berani, dan mampu untuk menghadapi setiap tantangan.

3 Area Integritas

Ada 3 area utama dari kehidupan anda, dimana bertindak dengan integritas itu sangat vital. Ke 3 area ini adalah godaan terbesar bagi integritas anda, tapi juga menyimpan peluang terbesar untuk meningkatkan integritas anda.
Saat mendengarkan kata hati dan melakukan apa yang anda tahu sebagai hal yang benar dalam ke 3 area ini, maka anda akan merasakan kedamaian dan kepuasan yang akan mengarahkan anda para kesuksesan dan pencapaian yang lebih tinggi.
Area pertama yaitu hubungan anda dengan keluarga dan teman, orang-orang terdekat anda. Menjadi jujur pada diri sendiri itu berarti hidup dalam kebenaran dengan masing-masing orang dalam hidup anda. Itu berarti menolak untuk mengatakan atau melakukan yang anda anggap tidak benar.
Hidup dalam kebenaran dengan orang lain berarti anda menolak untuk tetap berada dalam situasi apapun dimana anda tidak bahagia dengan tingkah laku orang lain. Anda menolak untuk mentolerirnya. Anda menolak untuk berkompromi.
Para psycholog telah menyimpulkan bahwa stress dan negatif itu umumnya berasal dari percobaan untuk hidup dalam sebuah cara yang tidak sesuai dengan nilai-nilai tertinggi anda.
Itu adalah saat anda hidup diluar jalur (saat anda melakukan dan mengatakan satu hal diluar, tapi merasakan dan mempercayai hal lain di dalam) yang membuat anda merasa sangat tidak bahagia.
Saat anda memutuskan untuk menjadi seseorang yang memiliki karakter dan integritas, maka aksi pertama anda adalah menetralisir atau menghilangkan semua hubungan yang menyusahkan, dari kehidupan anda.
Ini tidak berarti bahwa anda harus mendatangi seseorang dan memukul kepalanya dengan kayu. Yang dimaksud adalah bahwa anda harus jujur dalam menentang orang lain, dan mengatakan bahwa anda tidak senang dengan mereka.
Katakan pada mereka bahwa anda ingin mengatur ulang hubungan ini, sehingga anda bisa merasa lebih puas dan terpenuhi. Jika dia tidak mau melakukan penyesuaian yang membuat anda senang, itu seharusnya sudah jelas bagi anda bahwa anda tidak ingin mempertahankan hubungan ini lebih lama.
Area yang kedua adalah sikap dan tingkah laku anda terhadap uang. Sikap yang tidak wajar terhadap uang akan menyebabkan ketidak wajaran dalam kehidupan finansial anda. Anda harus berhati-hati mengenai perlakuan anda terhadap uang, terutama jika itu milik orang lain.
Anda harus menjaga rating kredit sama seperti anda akan menjaga kehormatan. Anda harus membayar berbagai tagihan tepat waktu, atau bahkan lebih awal. Anda harus menjaga janji-janji yang menyangkut komitmen finansial anda.
Area ketiga adalah komitmen anda dengan orang lain, terutama dalam pekerjaan, bisnis dan aktivitas penjualan. Selalu pegang kata-kata anda. Jadilah orang yang memiliki kehormatan.
Jika anda mengatakan akan melakukan sesuatu, lakukan. Jika anda berjanji, tepati. Jika anda berkomitmen, penuhi. Jadilah jenis orang yang bisa dipercaya secara penuh, tidak peduli apapun situasinya.
Integritas anda adalah perwujudan dari kemauan anda untuk memegang nilai-nilai yang anda junjung tinggi. Membuat janji itu mudah, tapi menepatinya itu sulit. Tapi jika anda menepatinya, setiap tindakan kecil dari integritas ini akan membuat karakter anda semakin kuat.
Dan saat anda meningkatkan kualitas dan kekuatan karakter anda, maka semua bagian lain dari kehidupan anda juga akan meningkat.
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | APIP | inspektoratpare.blogspot.com
Copyright © 2014. Inspektorat Kota Parepare - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by APIP
Proudly powered by Salam Blogger